KARATERISTIK WIRAUSAHA, STRATEGI PEMASARAN DAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI OBJEK WISATA AIR PANAS SEMURUP SETELAH PANDEMI -COVID19

kholid, idham (2024) KARATERISTIK WIRAUSAHA, STRATEGI PEMASARAN DAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI OBJEK WISATA AIR PANAS SEMURUP SETELAH PANDEMI -COVID19. KARATERISTIK WIRAUSAHA, STRATEGI PEMASARAN DAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI OBJEK WISATA AIR PANAS SEMURUP SETELAH PANDEMI -COVID19. (Unpublished)

[img] Text (idham.pdf)
idham.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRACT This research aims to determine entrepreneurial characteristics, marketing strategies and financial management systems on the development of MSMEs in the Semurup Hot Springs tourist attraction simultaneously and partially. The population and sample of this research is the development of MSMEs in the Semurup Hot Springs tourist attraction. Data was collected using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The technique used was the T test and the Coefficient of Determination. The results of the research show that partially entrepreneurial characteristics do not have a positive and significant influence on the development of MSMEs in the Semurup Hot Springs tourist attraction, this is proven by t count > t table (1.992 > 1.743) and the magnitude of the influence is 0.28%. Marketing strategies do not have a positive effect on the development of MSMEs in the Semurup Hot Springs tourist attraction, this is proven by t count > t table (1.992 > -0.469) and the magnitude of the influence is 0.73%. The financial management system does not have a significant positive effect on the development of MSMEs in the Semurup Hot Springs Tourist Attraction, this is proven by t count > t table (1.992 > -1.593) and the magnitude of the influence is 0.30%. Simultaneously, there is no significant influence between entrepreneurial characteristics, marketing strategy and financial management system on the development of MSMEs at the Semurup Hot Springs tourist attraction, namely 04.8%. Meanwhile, the rest is influenced by other variables not examined in this research. Keywords: entrepreneurial characteristics, marketing strategies and financial management systems for the development of MSMEs. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik wirausaha,strategi pemasaran dan sistem pengelolaan keungan terhadap perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup secara simultan dan persial. Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah Perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik yang digunakan uji T dan serta Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial karateristik wirausaha tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup, ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (1,992 >1,743) dan besar pengarunya adalah 0,28%. Strategi pemasaran tidak berpengaruh positif terhadap perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup, ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (1,992 > -0,469) dan besar pengaruhnya adalah 0,73%. Sistem pengelolaan keuangan tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup, ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (1,992 > -1,593) dan besar pengaruhnya adalah 0,30%. Secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Karateristik wirausaha, Strategi pemasaran dan Sistem pengelolaan keuangan terhadap Perkembangan UMKM di Objek Wisata Air Panas Semurup yaitu sebesar 04,8%. Sedangakan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : karateristik wirausaha, strategi pemasaran dan sistem pengelolaan keuangan terhadap perkembangan UMKM.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Program Studi Manajemen > Manajemen Pemasaran
Depositing User: mr pustaka pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 01:42
Last Modified: 28 May 2024 01:42
URI: http://repository.stie-sak.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item