Analisis pengaruh contribution margin terhadap perencanaan penjualan: studi kasus PT unilever indonesia Tbk (tahun 2020_2023)

Santia, Puja (2024) Analisis pengaruh contribution margin terhadap perencanaan penjualan: studi kasus PT unilever indonesia Tbk (tahun 2020_2023). Analisis pengaruh contribution margin terhadap perencanaan penjualan studi kasus : PT unilever indonesia Tbk (tahun 2020-2023. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Puja Santia-6_1(1)(1).pdf - Published Version

Download (717kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis contribution margin terhadap perencanaan penjualan pada PT unilever indonesia tbk pada periode 2020 2023. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kontribusi margin dari produk pepsodent dapat mempengaruhi penjualan yang lebih efektif dan efisien.analisis contribution margin membantu manajemen dalam merencanakan harga jual dan volume penjualan yang tepat untuk mencapai target keuntungan.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus.data diperoleh melalui dokumentasi laporan keuangan PT unilever indonesia tbk dan literatur terkait,dengan analisis menggunakan alat alat seperti Break Event Point (BEP) dan Margin Of Safety (MoS) dan Operating laverage (OL). Hasil menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT unilever indonesia stabil antara 2020 -2023.pada tahun 2023 penjualan mencapai Rp 50,12 triliun dengan laba bersih Rp 8,44 triliun dan margin kontribusi Rp 50,78 triliun , margin of safety tercatat 33,18% , menunjukkan posisi aman terhadap penurunan penjualan.operating leverage pada tahun 2023 adalah 3,0 kali menunjukkan efesiensi yang baik dalam memanfaatkan peningkatan margin kontribusi.perencanaan laba menunjukkan bahwa target penjualan sebesar Rp 43,36 triliun tercapai dengan laba terwujud Rp 8,44 triliun melampaui target. Penelitian ini menegaskan bahwa contribution margin merupakan indikator penting dalam perencanaan penjualan dan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan dalam menentukan harga jual, volume produksi dan kebijakan perusahaan. Kata kunci: contribution margin, penjualan, Break event point, PT unilever indonesia Tbk, Margin of safety

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Program Studi Akuntansi > School of Management
Depositing User: mr pustaka pustaka
Date Deposited: 19 Aug 2025 14:11
Last Modified: 19 Aug 2025 14:11
URI: http://repository.stie-sak.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item