Putri yana, Anisa (2025) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA WISATA BAHOENG BASILAO RENAH KAYU EMBUN. Pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan berkunjung ulang sebagai variabel intervening pada wisata bahoeng basilao renah kayu embun. (Unpublished)
![]() |
Text
jurnalanisaputriyana.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT This research aims to determine the influence of word of mouth and location on visitor satisfaction with the decision to revisit as an intervening variable. The object of this research is the Bahoeng Basilao Renah Kayu Embun tourist attraction. The respondents in this study were visitors to the Bahoeng Basilao tourist attraction with a total of 80 people. Based on the results of the previous analysis and discussion, the following can be concluded as word of mouth has no effect on the satisfaction of Bahoeng basilao tourist visitors because T count < T table (1.278 < 1.991). Location has no effect on the satisfaction of Baheung Basilao tourist visitors because T count < T table (1.672 < 1.991). The decision to revisit influences the satisfaction of Baheung Basilao tourist visitors because T count > T table (6.575 > 1.991). Word of mouth influences the decision to visit again. This is proven by T count > T table (3.967 > 1.991). Location has no influence on the decision to visit again. This is proven by T count < T table (1.273 < 1.991). The decision to visit again has an effect as an intervening variable between word of mouth on the satisfaction of Baheung Basilao tourist visitors, this is proven by the indirect effect > direct effect (0.296> 0.140). The decision to revisit has no effect as an intervening variable between locations on the satisfaction of Baheung Basilao tourist visitors, this is proven by the indirect effect <direct effect (0.095<0.168). Keywords: word of mouth; location; visitor satisfaction; decision to revisit. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan berkunjung ulang sebagai variabel intervening, objek dari penelitian ini adalah wisata bahoeng basilao renah kayu embun, responden pada penelitian ini adalah pengunjung wisata bahoeng basilao dengan jumlah 80 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, berikut ini dapat disimpulkan sebagai word of mouth tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung wisata Bahoeng basilao di karenakan T hitung < T tabel (1,278 < 1,991). Lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pekunjung wisata Baheung basilao di karenakan T hitung <T tabel (1,672 < 1,991). Keputusan berkunjung ulang berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung wisata Baheung basilao di karenakan T hitung > T tabel (6,575 > 1,991). Word of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ulang hal ini di buktikan T hitung > T tabel (3,967 >1,991). Lokasi tidak berpengaruh terhadap Keputusan berkunjung ulang hal ini di buktikan T hitung <T tabel (1,273 < 1,991). Keputusan Berkunjung ulang berpengaruh sebagai variabel intervening antara word of mouth terhadap kepuasan pengunjung wisata Baheung basilao, hal ini di buktikan dengan pengaruh tidak langsung >pengaruh langsung (0,296>0,140). Keputusan berkunjung ulang tidak berpengaruh sebagai variabel intervening antara lokasi terhadap kepuasan pengunjung wisata Baheung basilao, hal ini di buktikan dengan pengaruh tidak langsung < pengaruh langsung (0,095<0,168). Kata Kunci: word of mouth; lokasi; kepuasan pengunjung; keputusan berkunjung ulang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Program Studi Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | mr pustaka pustaka |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 11:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 11:42 |
URI: | http://repository.stie-sak.ac.id/id/eprint/3445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |