VIKA ATSILA, NADA (2025) PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PRODUKSI PADA UMKM KERIPIK PISANG. PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PRODUKSI PADA UMKM KERIPIK PISANG. (Unpublished)
![]() |
Text
NADA VIKA ATSILA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya produksi Terhadap Volume Produksi secara parsial maupun simultan pada UMKM Keripik pisang Desa Sungai Ning Kota Sungai Penuh Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan adalah UMKM Keripik Pisang.Variabel biaya produksi (X1) terhadap volume produksi (Y). Nilai signifikan 0,765 > 0,05 dan Nilai t hitung < nilai t tabel -0,343 < t tabel 2,353. Ini mengartikan bahwa Hipotesis (H1) di tolak H0 di terima, karena nilai signifikan > 0,05 dan pengaruh variabel X1 terhadap Y adalah negatif, sehingga dapat diAsumsikan biaya produksi tidak berpengaruh terhadap volume produksi dikarenakan skala produksinya masih tergolong kecil sehingga tidak mengelami perubahan signifikan dalam biaya. Menurut literatur yang lain biaya produksi bisa tidak berpengaruh karna biaya yang cendrung tetap dan dengan biaya yang sama UMKM mendapatkan bahan baku pisang dengan ukuran yang kecil dan di saat yang sulit mendapatkan bahan baku pisang UMKM mendapati pisang yang sudah mulai matang dan bermasalah.Variabel biaya tenaga kerja (X2) terhadap volume produksi (Y) Nilai signifikan 0,700 > 0,05 dan nilai t hitung < nilai t tabel 0,445 < 2,353. Ini mengartikan bahwa hipotesis (H2) ditolak dan H0 diterima , karena nilai signifikan > 0,05 dan pengaruh variabel X2 terhadap Y adalah Negatif, Sehingga dapat dikatakan bahwa biaya tenaga kerja tidak berpegaruh terhadap volume produksi. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan harga jual yang dilakukan UMKM, UMKM hanya memperhitungkan unsur biaya produksi saja, sedangkan biaya non produksi tidak di perhitungkan yang mencakup biaya pemasaran produk
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Program Studi Akuntansi > Akuntansi Pemerintahan |
Depositing User: | mr pustaka pustaka |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 18:18 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 18:18 |
URI: | https://repository.stie-sak.ac.id//id/eprint/3483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |