ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM COFFEE SHOP JUDA DI KOTA SUNGAI PENUH

Anisa fadilah, Nur and maryanto, maryanto (2025) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM COFFEE SHOP JUDA DI KOTA SUNGAI PENUH. ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM COFFEE SHOP JUDA DI KOTA SUNGAI PENUH. (Unpublished)

[img] Text (Cover&Abstrak)
ANALISISPERHITUNGANHARGAPOKOKPRODUKSIMENGGUNAKANMETODEFULLCOSTINGSEBAGAIDASARPENENTUANHARGAJUALPADAUMKMCOFFEESHOPJUDADIKOTASUNGAIPENUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK This study aims to analyze the implementation of the full costing method in cost management and decision-making at Coffee Shop Juda. Based on interviews with the owner, the management process applied relies solely on reasoning, which may harm sales and business revenue. The application of the full costing method has been proven to have a significant impact on production cost calculation and profitability. By accounting for all costs related to the product, both fixed and variable costs, this method provides a more comprehensive picture of the cost of goods sold. The calculation results show that the unit cost of production using the full costing method is higher compared to the method used by Coffee Shop Juda, with Coffee Latte at Rp 15,250, Vanilla Regal at Rp 11,380, and Green Tea Latte at Rp 12,020 per cup. Determining the selling price based on a lower cost of production risks resulting in lower profits. Therefore, the implementation of the full costing method is expected to improve cost management accuracy and support more precise decision-making in setting the selling price, ultimately enhancing business profitability. Keywords: Full Costing Method, Cost Management, Decision-Making, Cost Of Goods Sold, Profitability, Fixed Costs, Variable Costs, Selling Price. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode full costing dalam pengelolaan biaya dan pengambilan keputusan di coffee shop juda. Berdasarkan wawancara dengan pemilik, proses manajemen yang diterapkan hanya bergantung pada penalaran semata, yang dapat merugikan penjualan dan pendapatan bisnis. Penerapan metode full costing terbukti memiliki dampak signifikan terhadap perhitungan biaya produksi dan profitabilitas. Dengan menghitung seluruh biaya yang terkait dengan produk, baik biaya tetap maupun variabel, metode ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang harga pokok produksi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa harga pokok produksi per unit menggunakan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan yang digunakan oleh coffee shop juda, yaitu coffe latte rp 15.250, vanilla regal rp 11.380, dan green tea latte rp 12.020 per cup. Penentuan harga jual yang berdasarkan pada harga pokok produksi yang rendah berisiko menghasilkan laba yang rendah pula. Oleh karena itu, penerapan metode full costing diharapkan dapat meningkatkan akurasi dalam pengelolaan biaya dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam menentukan harga jual serta meningkatkan profitabilitas usaha. Kata Kunci: Metode Full Costing, Manajemen Biaya, Pengambilan Keputusan, Harga Pokok Produksi, Profitabilitas, Biaya Tetap, Biaya Variabel, Harga Jual.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Program Studi Akuntansi > School of Management
Depositing User: mr pustaka pustaka
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:45
Last Modified: 11 Sep 2025 03:45
URI: https://repository.stie-sak.ac.id//id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item